Komik Anak Akan Meningkatkan Minat Baca

Gunakan Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

Apakah Anda menghela nafas dalam hati setiap kali anda melihat anak anda dengan kepalanya terkubur dalam komik, sementara buku bacaannya yang 'layak' tidak pernah dibaca?

Kita sering dengan cepat menganggap komik dan novel bergambar (komik dalam bentuk buku) sebagai sampah, tetapi sebenarnya komik baik untuk meningkatkan minat baca anak terutama untuk anak laki-laki, yang cenderung malas membaca dibandingkan dengan anak perempuan.

Komik meningkatkan minat baca anak

Kenapa Anak Menyukai Komik?

Buka novel komik atau grafis apa pun, dan segera jelas mengapa anak-anak menyukainya. Lupakan halaman kering berisi kata-kata yang padat; sebaliknya, komik meledak dengan gambar berwarna di samping potongan kecil teks, yang sangat menarik bagi anak-anak yang merupakan pelajar visual (ciri umum di antara anak laki-laki).

Materi pokok komik juga menarik perhatian anak-anak. Biasanya, cerita dikemas dengan aksi dan petualangan, menampilkan karakter aspiratif seperti pahlawan super, dan menggunakan bahasa yang dinamis dan menarik - ‘Boom! Jatuh! Pow! ’Sementara itu, sifat visual komik menarik bagi anak-anak yang lebih akrab dengan TV dan media visual online daripada dengan buku.

Tapi itu bukan hanya kombinasi gambar terang dan beberapa kata yang menarik anak-anak masuk. Komik menarik bagi anak-anak bukan karena mereka sederhana, tetapi karena mereka dinamis, 'kata Dr Chris Murray, seorang ahli komik dan kepala Inggris di Universitas Dundee. "Mereka tidak hanya menceritakan kisah petualangan yang menarik, tetapi karena panel individu hanya menampilkan fragmen dari tindakan, pembaca harus menggunakan imajinasi mereka untuk mengisi kekosongan. Ini melibatkan anak-anak, dan menantang mereka."

Bagaimana Komik dapat Meningkatkan Minat Baca?

Komik tidak membahayakan minatbaca, mereka mempromosikannya, ’jelas Murray. 'Mereka melibatkan pembaca dalam negosiasi kata-kata dan gambar yang rumit, membuat perasaan logis dari narasi dan menenun aksi bersama berdasarkan isyarat dasar dalam ilustrasi.' Ini membantu anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan keaksaraan penting, termasuk memahami urutan acara, membedakan plot dan menyimpulkan apa yang terjadi selanjutnya.

Sama seperti buku-buku berbasis teks, komik memiliki awal, tengah dan akhir, karakter utama, dan klimaks cerita. Membaca komik karenanya dapat memperkenalkan anak-anak pada konsep struktur cerita dan pengembangan karakter. Mereka juga dapat membantu anak-anak mengembangkan pemahaman tentang suasana hati, nada, humor, ironi, dan sebagainya, dan mengalami berbagai macam kosakata.

Komik Untuk Anak Yang Susah Disuruh Baca

Untuk pembaca yang muncul atau anak-anak yang lebih tua yang berjuang dengan keaksaraan, komik adalah pembangun kepercayaan diri yang hebat. Sedangkan halaman kata-kata yang tidak putus bisa menjadi sesuatu yang menakutkan (dan off-putting), teks ukuran gigitan komik dan petunjuk kontekstual yang disediakan oleh ilustrasi membantu anak-anak untuk memahami dan menikmati cerita bahkan jika mereka tidak dapat menguraikan setiap kata.

Komik sering bertindak sebagai jembatan antara buku bergambar dan buku-buku panjang, dan karena semua tindakan dan kegembiraan terjadi dalam beberapa halaman, mereka sangat baik untuk memotivasi anak laki-laki - yang cenderung ingin hasil langsung dari bacaan mereka, daripada menunggu untuk sebuah cerita untuk dikembangkan - untuk dibaca. Ini, pada gilirannya, dapat mengarahkan mereka untuk menangani buku-buku yang lebih panjang dalam upaya untuk menemukan cerita yang lebih menarik.

Sumber: Penerbit Komik Anak Bandung

Anak-anak juga bisa terinspirasi oleh komik. ‘Anda sering melihat anak-anak membuat komik mereka sendiri, dengan cara yang tidak Anda sukai dengan bentuk seni naratif lainnya,’ jelas Murray. 'Mereka mudah untuk ditiru, tetapi efek yang dapat dicapai pada halaman dapat menjadi rumit, menarik, dan memuaskan bagi pembaca muda.' Menulis keterangan juga akan meningkatkan tulisan tangan, ejaan, tanda baca dan tata bahasa anak Anda, bahkan jika hanya kata yang digunakan adalah 'Kerpow!' dan 'Ambil itu!'

Mungkin yang paling penting adalah bahwa anak-anak lebih mungkin untuk terus membaca ketika mereka tumbuh jika mereka melihat membaca sebagai menyenangkan - dan apa yang lebih baik daripada komik untuk mengajar mereka bahwa membaca itu menyenangkan? Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki yang membaca komik lebih cenderung membaca materi berbasis teks lainnya, dan mengatakan mereka senang membaca lebih banyak. Jadi alih-alih memutar mata Anda pada pilihan bacaan anak Anda, doronglah: bagaimanapun juga, jika komik menuntunnya pada kecintaan membaca seumur hidup, itu hanya bisa menjadi hal yang baik.

Komik Anak Akan Meningkatkan Minat Baca Komik Anak Akan Meningkatkan Minat Baca Reviewed by Yunar W on September 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.